Jasa Konsultasi Teknologi Informasi Data Center

konsultan data center

Perkembangan data center semakin meningkat seiring dengan meningkatnya penggunaan internet di Indonesia yang walaupun masih tergolong mahal dalam biaya akses internet. Beberapa perusahaan transportasi online, e-commerce dan marketplace, aplikasi cloud dan android, dan trend layanan on demand akan menjadi faktor pemicu pasar data center Indonesia dan Asia Tenggara (Singapore,Thailand, Filipina dan Malaysia).

Jika kebijakan pemerintah seperti PP 82 Tahun 2012 mengenai peraturan transaksi elektronik tidak di terapkan secara real, maka akan berpengaruh pada Industri perbankan dimana ada kemungkinan kekurangan fasilitas data center di Indonesia, sebagimana industri perbankan sangat membutuhkan data center cadangan disamping data center internal mereka untuk operasional sehari-hari, dan jika melakukan colocation di luar Indonesia maka akan beresiko terhadap kegagalan recovery ataupun resiko ketahan data.

Layanan data center juga mencakup konsultasi bagi para perusahaan atau organisasi pemerintahan yang membutuhkan perencanaan, strategi, implementasi, operasional dan optimalisasi. Dengan mengetahui layanan data center di bidang konsultasi seputar teknologi informasi data center dapat menghemat waktu dan dapat mencegah kesalahan dalam pemilihan strategi.


Pembangunan dan pengoperasian data center merupakan hal kompleks yang melibatkan banyak investasi. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan menggunakan jasa konsultan data center terpercaya dan berpengalaman dalam menangani kepentingan skala nasional.

Untuk itu, ada baiknya mengetahui jasa konsultan data center dalam bidang teknologi informasi.

Layanan Konsultasi Data Center

Berikut beberapa layanan data center dalam bidan konsultasi teknologi informasi untuk data center perusahaan anda dan untuk organisasi pemerintahan.

Keberlanjutan Usaha dan Pemulihan Bencana

Jasa konsultasi ini memberikan set strategi terencana untuk menjaga operasional bisnis anda dapat tetap beralan lancar. Tidka hanya saat terjadi bencana alam, namun untuk sleuruh jenis downtime akan diberikan pengalihan agar supaya aktivitas tetap dapat berjalan normal. Untuk dapat mengetahui downtime, konsultan data center akan melakukan evaluasi dan penilaian teknologi sistem informasi anda, dan akan memberikan titik-titik yang dikenali sebagai wilayah beresiko terjadi downtime, dan secara regular akan menjadwalkan backup tanpa menggangu aktivitas bisnis.

Jasa konsultasi seperti ini sangat penting untuk perusahaan atau organisasi pemerintahan yang menangani misi kritis. Kita dapat melihat data center Kemenkeu untuk sistem kepabeanan yang kerap kali down dan mengakibatkan para importir menjadi terhambat dalam urusan mereka, berapa banyak kerugian yang harus merka tanggung jika terjadi downtime seharian ? biaya levy atau biaya inap container terus berjalan bagi mereka.

Penilaian Strategi Virtualisasi Data Center

Layanan ini meliputi empat komponen utama: kebutuhan analisis untuk penggunaan virtualisasi dalam perusahaan; survei virtualisasi saat yang sudah ada di perusahaan (jika diperlukan); penilaian dan analisis virtualisasi untuk server dan penyimpanan jaringan terhadap berbagai desain dan topologi, solusi produsen perangkat IT, dan kriteria keputusan kunci; dan, berencana untuk menyediakan roadmap teknologi, anggaran, dan jadwal untuk desain serta implementasi strategi virtualisasi masa depan.

Dengan jasa konsultasi Virtualisasi Data Center dapat mendorong kelincahan bisnis anda dengan menyederhanakan infrastruktur bisnis untuk menciptakan data center yang lebih dinamis dan fleksibel.

Evaluasi Optimasi Data Center

Mengembangkan strategi yang jelas, terdokumentasi secara ringkas untuk mengelola dan mengoptimalkan operasional data center sangat penting untuk operasional TI dan personil data center. Jasa ini memberikan layanan yang mengarah untuk mendukung Optimalisasi Data Center.

Jasa Evaluasi optimasi termasuk penilaian fokus untuk meningkatkan efisiensi energi listrik yang digunakan di data center, mengevaluasi dan meningkatkan efisiensi daya listrik dan sistem pendinginan antara fasilitas terkait dengan teknologi lainnya, program, dan proses. Selain itu, Jasa Optimasi Data Center ini diarahkan juga untuk meningkatkan infrastruktur dan sistem teknologi informasi.

Evaluasi dan Perencanaan Relokasi Data Center

Dalam penyebaran, sangat penting untuk memiliki proyek migrasi terkumpul dan terorganisir pada awal proses desain. Seperti pada saat gambar konstruksi selesai dan konstruksi dimulai, tim harus mampu bekerja keras dengan perencanaan peralatan dan kegiatan migrasi.

Hal ini akan lebih mudah dan tepat dilakukan oleh para konsultan data center yang dapt memandu tim anda untuk melalui fase ini.

Perencanaan & Kelayakan Routing dan Switching Data Center 


Memberikan perencanan dan rekomendasi produk routing, switching dan load balancing untuk menyesuaikan dengan kebutuhan data center anda pada titik optimal, sesuai anggaran, tersedia tepat waktu.

Perencanaan & Kelayakan Server Data Center


Layanan ini meliputi empat komponen utama: kebutuhan analisis untuk teknis penyebaran penambahan server dan teknologi terbaru; survei peralatan infrastruktur server saat ini, penilaian server, virtualisasi server, diskrit, rak, dan arsitektur blade server termasuk pertimbangan berbagai arsitektur produsen serta kriteria keputusan utama,  dan menyiapkn roadmap teknologi, anggaran, dan jadwal untuk desain dan penyebaran infrastruktur server di masa depan.

Perencanaan & Kelayakan Perlindungan Data pada Storage Area Network (SAN)


Memberikan analisis komprehensif dari penyimpanan jaringan dan keamanan data dalam jaringan perusahaan. Selain meningkatkan keamanan data, juga dapat mendekatkan aplikasi ke block storage sehingga perjalanan data lebih ringkas dan pengguna akan mendapatkan pengalaman peningkatan kelancaran dalam penggunaan aplikasi.

Semoga penjelasan mengenai jasa konsultasi teknologi informasi untuk data center ini dapat memberikan gambaran lebih baik sebelum terburu-buru memutuskan untuk membuat pengadaan proyek data center di instansi pemerintahan Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Perusahaan Data Center di Indonesia

Mini Data Center untuk Perusahaan Indonesia

Contoh Perusahaan Yang Sukses Melakukan Transformasi Digital